Rabu, 04 Februari 2009

Selama Dua Bulan itu...


Lagi2 me-review kejadian2 beberapa bulan lalu. Bulan Juli-September 2008. Bulan Juli, rombongan mahasiswa KKN Antara Unhas diberangkatkan ke lokasi masing2. Ros sendiri dapat lokasi di kabupaten Bone. Awalnya agak kecewa juga cz tidak seorang pun teman sejurusan dan seangkatanku yang dpt daerah Bone, tapi karena itu keputusan, jadi terima saja…Meskipun awalnya sempat kecewa, tapi ternyata lokasi ini tidak mengecewakan.

Magrib pertama di lokasi KKN, tepatnya di kec. DB desa ML bersama org2 yang sungguh tidak saya kenali (kecuali satu orang senior, yg kbtulan seposko). Satu pekan pertama di lokasi, rasanya sangat membosankan. Betul2 membosankan karena belum ada kegiatan, belum kenal juga dengan masyarakat di lokasi. Jadi hari2 itu kami lalui dengan omelan2 kecil dalam hati (karena jenuh plus bosan). Bagaimana tidak, pagi setelah sholat, siap2 jalan2 pagi (istilah kerennya ‘survey lokasi’). Pulang survey, langsung sarapan kemudian mandi, bersih-bersih (bareng pembantunya ibu desa). Setalah selesai, masuk kamar, dengar music, main game, sms-an atau tidur. Duhur, sholat duhur, makan siang, cuci piring, kemudian masuk kamar dan tidur lagi. Sore, jalan-jalan lagi sampai jelang magrib. Magrib, sholat magrib, nonton, makan malam, nyupir, nonton lagi atau main game, atau sms-an lagi, atau masuk kamar lagi mendekam… Ini dilakoni selama beberapa hari. Bagaimana tidak bosan coba’?
Selama satu pekan pertama itu, selain menggerutu dengan kebosanan yang ada, juga tidak habis-habisnya mengucap syukur, kenapa???karena setelah melakukan survey lewat sms, ternyata posko yang saya tempati jauh jauh dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan teman2 di lokasi lain. Di posko ML, rumahnya bagus, orang rumahnya ramah, ada pembantunya lagi. Kamarnya luas plus tempat tidur yang empuk. Kamar mandi plus toiletnya memenuhi syarat standar kesehatan (maksudnya?). Airnya lancar, transportasi lancar, jaraknya ke kota kecamatan tidak terlalu jauh, ada hewan peliharaan yang bisa di ajak ngobrol (Nuri), di sekitar rumah banyak sawah (fresh) dan di dekat rumah pula ada beberapa pohon kelapa yang lebat buahnya (bisa di makan, gratisssss…ckup belikan rokok tukang panjatnya). Tapi tetap saja ada hal2 yang tidak sreg di hati yaitu di lokasi ini, banyak anjingnya, hiiiii….syereeeem…(ros sangat takut dgn anjing, trauma cz sdh 2x dikejar anjing, betul2 dikejar). Slain itu, kekurangan yang lainnya yaitu di posko ML, signal kurang bagus, dan mis kring-kring yang paling sering ngomel soal signal(sebutan untuk teman2 dposko yang paling rajin nelfon ataupun trima telfon, khusus cwe’). Soal signal, di posko ML lucu…sekitar 10 meter dari rumah, ada pos kamling. RD (cwo’), salah seorang teman poskonya Ros yang paling sering nongkrong di pos ini. Dan jadwalnya jelas. Sekitar jam 7-8 pagi. Klo’ tdk ke sekolah, dilanjutkan jam 10 sampe duhur. Kemudian sore sekitar jm 3.30 (stlh shlt ashr) lanjut lagi sampe jam 5 (klo’ da ikut jalan2 atau ke sawah), Karena itulah, si RD ini di beri nama “si penjaga poskamling”.
Selama dua bulan di lokasi kkn, banyak cerita yang tersimpan di memoriku. Mulai dari cerita tentang keunikan teman-teman posko, tentang kegialan-kegilaan yang terjadi di posko, tentang acara makan2 kelapa muda di sawah, tentang ROS diBURU ANJING, tentang pengalaman ngajar di SD, tentang pengalaman ngajar TPA, tentang kegiatan membersihkan mesjid, tentang agenda jalan-jalan ke posko lain, tentang kegilaan saat jalan2 ke kota Bone seharian, tentang kegiatan karnaval UNICEF, tentang latihan vocal group, tentang acara 17-an, tentang acara perpisahan, tentang acara nonton bareng,tentang acara pernikahan, dan masih banyak lagi.
Selama dua bulan di lokas kkn, ros bisa mengenal teman-teman seposko yang awalnya tidak kenal, yang awalnya tidak pernah ketemu di kampus meskipun tetangga fakultas. Mulai dari Eny (kosmik), Sabir, Rudi (Pmerintahan), Idar (pertanian), Lisa, Opan (perikanan). Dari setiap kepala ini ada ros coba ingat2 siapa mereka….
- Eny, cwe’ behel asli Raha…paling pintar masak masakan aneh2 dan sangat tidak menyukai sayuran yang berwarna hijau. Orangnya enak diajak ngobrol, punya banyak cerita aneh2
- Idar, cwe’ rebut asli Palopo..paling suka’ macalla, paling banyak kalasinya, paling tidak tau masak, paling sering nongkrong di tempat tidur, tapi paling rajin mandi.
- Lisa, cwe’ kacamata asli Enrekang…Paling sering jadi korban keusilannya Ros, paling sering diganggui sama teman posko, paling sering begadang main game dan paling suka nongkrong di dpn TV klo’ pagi, nonton spongbob. Kata teman2 dPosko, k’ Lisa sifatnya sangat kekanak-kanakan (entahlah, z bude jg bilang getoo…)
- Sabir, laki-laki jangkung plus kurus asli Siwa. Bagi dia, biar g sarapan yang jelas kereta masih jalan, maksudnya, biar tdk ada sarapan, yang jelasnya masih ada rokok. Klo’ ros perhatikan, ky’nya dy bisa habiskan satu bungkus rokok dalam waktu 1 hari (betul2 perokok aktif). Orangnya sabar, tidak banyak bicara, tapi skali bicara, langsung kena’, pa lagi klo’ macalla’ki juga. Paling banyak sms lucu-nya di HP (hasil inspeksi-nya Bude). Eh satu lagi, gifooooo juga, rivalku di posko.
- Rudi, to Mandar. Paling sering nelfon. Karena prestasinya sebagai pelanggan setia telkomsel dan pengunjung setia pos kamling, makanya dia diberi gelar “si penjaga pos kamling”. Rudi, banyak kalasinya juga klo’ minta tolongQ, sering ganggui orang, termasuk Ros (ros juga kan orang…)
- Opan, si gondrong asalm Palopo. Kordesnya posko ML. paling sering balik ke Mks, paling susah dibangunkan klo’ pagi, paling lama klo’ mandi dan paling sering nyanyi klo’ dKamar mandi. Orang pertama yang buat omlet di posko. Paling sering ketuk pintu kamar cwe’ minta pinjam sisir, dan paling sering pinjam ikat rambut (tapi tidak dikembalikan…)

Diantara teman2 ini, ros yang paling muda (cieeeee…), paling kecil, tapi paling manis (narsis boleh dunk, blum haram-ji to..??)
Selama dua bulan ini, tercatat, ada 3 kali ros tidak tidur malam, betul-betul2 tidak tidur semalaman. Pernah karena input data (titipan tugas dari Aji Anis), pernah karena begadang nonton, kemudian dilanjutkn dengan terima telfon, truz lanjut lagi maen game (makanya tdk tidur) dan juga pernah karena ngetik laporan desa (malam terakhir di Lokasi).

Ckup sampe’ sni aj dl, mo men game dlu. wslm


0 komentar:

ROSDIANA